Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 23 Maret - 1 April2024
Kumpulan jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan
5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
6. Dokumen kelengkapan lainnya yang bersifat opsional, meliputi :
10. Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.
Setiap pelamar Wajib melampirkan dokumen KTP, Ijazah dan Transkrip yang sesuai, benar dan jujur saat melampirkan dokumen kelengkapan kebutuhan Rekrutmen Bersama BUMN. Berikut adalah detail untuk kelengkapan dokumen yang di upload :
Kejadian seperti ini bisa terjadi karena proses unggah yang terputus, bisa disebabkan karena jaringan yang tidak stabil atau session time out (akses website telah berakhir). Pelamar dapat melakukan beberapa hal ini:
Pelamar harus mengisi data diri sesuai dengan dokumen yang dilampirkan. Jika isian data diri dan dokumen tidak sesuai maka dapat mempengaruhi hasil seleksi administrasi.
Pelamar dapat melihat pratinjau (preview) terhadap dokumen yang telah diunggah. Pelamar juga masih dapat mengganti dokumen selama belum melakukan apply pada posisi yang tersedia. Pastikan data telah benar dan lengkap karena pelamar tidak dapat mengganti data diri dan dokumen jika telah melakukan apply posisi.
Pelamar tidak dapat mengubah setelah melakukan registrasi. Sehingga pastikan email yang Anda masukkan tepat. Perubahan email hanya dapat dilakukan melalui helpdesk dengan melampirkan KTP dan Ijazah.
Pelamar dapat mengubah NIK yang sudah didaftarkan sebelum melakukan proses apply pada menu My Profile. Jika setelah proses apply maka NIK dapat diubah melalui helpdesk dengan melampirkan KTP dan Ijazah.
Kejadian seperti ini bisa terjadi karena proses penggantian password yang terputus, bisa disebabkan karena jaringan yang tidak stabil atau session untuk akses website telah berakhir.
Pelamar dapat melakukan hal berikut:
Pastikan alamat email dan KTP sudah benar. Jika sudah pernah registrasi pada periode RBB 2023, silakan cek email verifikasi akun yang dikirimkan dari Panitia Rekrutmen Bersama BUMN karena email dan KTP yang sama hanya diperkenankan mendaftar satu kali.
Ada dua Jenis Perjanjian Kerja Menurut Undang-Undang, meliputi :
Perjanjian kerja menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing BUMN Grup.
Pelamar harus mengupload dokumen pendidikan meliputi ijazah dan transkrip nilai sesuai dengan data riwayat pendidikan yang telah diisi. Jika dokumen transkrip lebih dari satu lembar maka harap digabungkan dalam satu file.
Form registrasi hanya memfasilitasi maksimal 2 (dua) jenjang pendidikan yang dibutuhkan sebagai persyaratan pendaftaran. Pengisian jenjang pendidikan diisi dari pendidikan terakhir Pelamar.
Silakan konversi nilai IPK dengan menggunakan skala 4,00. Bagi lulusan luar negeri, lampirkan transkrip nilai beserta surat keterangan dari Dikti (tidak wajib). Dokumen ini diserahkan bersama dengan berkas administrasi (unggah dokumen).
Namun apabila tidak terdapat nilai konversi, maka tuliskan nilai IPK dan skala maksimal dalam kolom yang disediakan di aplikasi pendaftaran.
Setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk 2 pendidikan atau dokumen lainnya), untuk disatukan dalam 1 file dokumen.
Boleh, untuk pelamar dengan ijazah D3/ D4/ S1/ S2 dapat apply pada lowongan dengan jenjang SMA asalkan memenuhi persyaratan lowongan jenjang pendidikan SMA. Selain itu pastikan pelamar melampirkan ijazah SMA pada dokumen yang diunggah.
Hal ini dapat terjadi karena gangguan jaringan, perangkat, atau browser. Pelamar/Anda dapat mengunggah dokumen kembali dengan melakukan beberapa hal berikut:
Harus menunjukkan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian dan membawa dokumen lain yang dapat mendukung proses verifikasi.
Apabila pelamar telah apply pada suatu lowongan, maka pelamar tidak dapat melakukan perubahan data diri atau perubahan/pembatalan posisi/perusahaan yang telah di apply.
Pelamar dapat pilih “Lainnya” kemudian dapat mengetikkan Universitas, Jurusan, Jabatan Organisasi, Bahasa Asing, dan Sertifikasi pelamar.
Apply lowongan sudah berhasil jika terdapat:
Akun Pelamar akan ditangguhkan (suspend) selama 2 tahun, sehingga tidak bisa mengikuti proses Rekrutmen Bersama BUMN.
Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan informasi rekrutmen hanya melalui situs web https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id
Bisa namun akan mengikuti persyaratan dari masing-masing BUMN.
Pelamar yang diketahui melampirkan dokumen palsu saat mengikuti Rekrutmen Bersama BUMN akan dinyatakan tidak lolos/gugur dan akan masuk daftar blacklist sehingga tidak dapat mengikuti Rekrutmen Bersama BUMN selamanya.
Kejadian seperti ini bisa terjadi karena proses apply yang terputus, bisa disebabkan oleh jaringan yang tidak stabil atau session time out (akses website telah berakhir).
Hal yang bisa dilakukan adalah:
Jika data belum disimpan (save) maka data yang telah diinput akan hilang pada saat terjadi gangguan network atau listrik padam. Disarankan agar per menu isian aplikasi online dapat disimpan (save) terlebih dahulu sebelum mengisi menu isian selanjutnya. Data yang telah disimpan akan tetap ada di halaman Daftar Riwayat Hidup.
Secara umum Tahapan Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dimulai dari:
Untuk rincian detail tahapan tes bisa dilihat di bagian akhir FAQ
Tidak. Pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) lowongan. Pastikan data dan dokumen pada Daftar Riwayat Hidup telah benar karena pelamar tidak dapat mengubah data apapun setelah apply. Pelamar juga tidak dapat mengubah/membatalkan lamaran pada posisi/perusahaan yang telah dipilih.
Setiap tahapan menggunakan sistem gugur. Kandidat yang lulus adalah yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti tahapan selanjutnya.
Setiap Pelamar dapat memeriksa email undangan di inbox/spam/all mail (disarankan mengakses link tes melalui email) atau website rekrutmen pada halaman Lamaran Saya tombol Detail Jadwal/Jadwal Hari Ini. Email undangan berisi:
Aplikasi dapat diakses dimana saja, sepanjang mendapatkan jaringan internet. Pelamar tidak boleh membagikan username dan password ke pihak manapun!
Trial Test sangat disarankan untuk diikuti agar seluruh peserta
mendapatkan kesempatan mencoba dan memastikan keandalan perangkat, aplikasi,
serta jaringan sehingga dapat meminimalisir gangguan yang berpotensi timbul
saat mengikuti tes online.
Konsekuensi kegagalan atau kendala peserta saat tes online dikarenakan peserta tidak mengikuti trial test terlebih dahulu menjadi tanggung jawab peserta.
Pelamar dapat melakukan pengecekan secara mandiri pada halaman Lamaran Saya dan Kotak Masuk yang sudah tertera pada situs Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Pelamar tidak perlu khawatir karena pesan yang dikirimkan melalui email dan "Kotak Masuk" berisikan pesan yang sama.
Peserta wajib menggunakan komputer PC / Laptop yang dilengkapi perangkat web camera dan mouse. Penggunaan handphone, tablet, ataupun smartphone tidak diperkenankan.
Untuk mengisi online application, agar menggunakan PC atau Laptop yang sudah terinstall dengan web browser versi terbaru. Perangkat hardware sekurang-kurangnya memiliki spesifikasi:
Pelamar akan diberikan instruksi pengerjaan soal dan contoh soal pada masing-masing sub-tes di bagian awal sebelum mengerjakan soal yang sebenarnya.
Pelamar tetap dapat mengikuti tes online sesuai dengan jadwal yang sudah tertera pada Kotak Masuk atau email. Pastikan perangkat dan jaringan yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi yang diminta demi kenyamanan Pelamar ketika mengerjakan soal tes.
Panitia Seleksi tidak mengakomodir permintaan pergantian jadwal tes. Peserta diwajibkan mengerjakan tes online sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Risiko yang disebabkan karena kelalaian peserta tidak mengikuti tes online sesuai jadwal yang ditetapkan, menjadi tanggung jawab peserta.
Kami menyarankan kepada pelamar untuk menggunakan perangkat yang sama. Pastikan perangkat dan jaringan yang digunakan ketika tes online sudah memenuhi spesifikasi yang diminta demi kenyamanan Pelamar dalam mengerjakan soal tes.
Jika Pelamar tidak dapat mengakses link test dan muncul keterangan Laman web tidak tersedia di browser, maka Pelamar dianjurkan untuk mengganti jaringan ke provider lain. Hal ini dapat dikarenakan ada security block pada jaringan misal wifi kantor yang menyebabkan perangkat tidak diperbolehkan mengakses link test. Jika hal ini masih terjadi, Pelamar dapat melakukan hal berikut:
Ketika waktu pengerjaan tes online masih tersisa, Pelamar dapat melompat soal dengan meng-klik tanda Next, dan kembali ke soal sebelumnya dengan meng-klik tanda Prev.
Jika Pelamar mengalami kesulitan untuk membuka soal, silakan browser di-refresh kembali.
Maka tampilan yang muncul seperti gambar diatas dan berupa pesan yang mengharuskan Pelamar mengecek device kembali, agar dapat ke tahap selanjutnya.
Pop up diatas akan muncul apabila kamera pada saat face register tidak memenuhi syarat atau tidak sesuai.
Apabila kamera Pelamar belum memenuhi syarat atau belum sesuai dapat mengklik tombol “Recapture” untuk melakukan face register ulang.
Pesan di atas akan muncul jika Pelamar terlewat mengakses halaman tes online dari jadwal yang telah ditentukan. Pelamar diharapkan mengerjakan tes online sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Risiko yang disebabkan karena kelalaian Pelamar terlewat mengakses tes online sesuai jadwal yang ditetapkan menjadi tanggung jawab Pelamar.
Jika pelamar menutup browser dengan tidak sengaja pelamar dapat login kembali dengan mengakses link tes melalui akun website rekrutmen pada menu Lamaran Saya, tombol Jadwal Hari Ini. Tes masih dapat dilanjutkan selama tidak mengganti perangkat dan durasi pengerjaan tes masih ada.
Pelamar dapat melakukan pengecekan secara mandiri pada tampilan materi soal. Jawaban telah tersimpan oleh sistem jika nomor pada soal telah berubah warna menjadi biru. Jika Anda telah memilih jawaban dan pindah ke soal selanjutnya, namun nomor pada soal tidak berubah warna dan tetap abu-abu, maka ini adalah tanda jawaban tidak berhasil tersimpan. Ketika hal ini terjadi, Pelamar dapat melakukan hal berikut:
Jawaban sebelumnya telah disimpan oleh sistem, asalkan peserta tetap menggunakan browser dan perangkat yang sama. Peserta dapat mengakses ulang tes online selama masih ada sisa waktu untuk mengerjakan tes melalui email undangan di inbox/spam/all mail (disarankan mengakses link tes melalui email) atau website rekrutmen pada halaman Lamaran Saya tombol Detail Jadwal/Jadwal Hari Ini.
Terdapat batas waktu akses dan pengerjaan tes. Ketika waktu mengerjakan tes sudah berakhir, aplikasi akan otomatis menyelesaikan kegiatan tes, seluruh jawaban yang berhasil terjawab akan tetap tersimpan. Pelamar dapat keluar dari browser online test dengan mengklik tombol power di pojok bawah kanan, kemudian memasukkan password exit yang akan tersedia setelah pelamar menyelesaikan semua sub-tes.
Pelamar dapat keluar dari browser online test dengan mengklik tombol power di pojok bawah kanan, kemudian memasukkan password exit yang akan tersedia setelah pelamar menyelesaikan semua subtes. Selain itu password exit dapat diakses pada akun pelamar pada menu Lamaran saya dan Jadwal Hari ini pada website rekrutmen. Setelah memasukkan password exit pelamar dapat klik Log Out. Berikut adalah contohnya.
Aplikasi akan otomatis menutup jika waktu sudah habis, jawaban yang berhasil terjawab akan tersimpan di database aplikasi tes online.
Untuk mengakhiri Online Test, Pelamar harus mengklik tombol “Submit Now” kemudian pelamar dapat keluar dari browser online test dengan mengklik tombol power di pojok bawah kanan, kemudian memasukkan password exit yang tersedia di halaman akhir tes.
Kedua poin di atas tidak akan mempengaruhi jumlah soal yang sudah berhasil dijawab
oleh Pelamar, asalkan jawaban telah tersimpan dan nomor soal telah berubah
menjadi warna biru, sehingga Pelamar dapat melanjutkan tes dengan sisa soal
tersisa dan waktu yang tersedia. Dengan
catatan, Pelamar tidak melakukan clear
history apapun pada browser dan
mengakses link tes online menggunakan perangkat yang sama.
1. Tidak mengaktifkan kamera pada saat online test
2. Membuka tab lain pada saat online test
3. Browsing pada saat online test
4. Menggunakan dual monitor dan external devices pada saat tes online (menyambungkan PC/laptop ke proyektor, TV, HDMI). Hal ini dapat menyebabkan layar otomatis akan terkunci dan tidak bisa menampilkan halaman tes.
Nilai minimal pada tes AKHLAK adalah 65 dari 100.
Nilai minimal pada Tes Kemampuan Dasar adalah 58 dari 100.
Nilai minimal pada tes Bahasa Inggris adalah minimal setara 450 (Toefl ITP) dari 675.
Nilai minimal pada Tes Wawasan Kebangsaan adalah 50 dari 100.
Nilai minimal pada Tes Learning Agility adalah 197 dari 300.
Jenjang D3 s/d S2 :
Jenjang SMA Sederajat :
Jenjang D3 s/d S2 :
Jenjang SMA Sederajat :
Konversi bahasa inggris = Nilai bahasa inggris / 675 x 100
Pembobotan nilai:
Instalasi SEB merupakan hal wajib untuk mengikuti proses tes online.
Pelamar dapat langsung ke dalam link berikut : https://safeexambrowser.org/download_en.html
Pelamar dapat mengecek pada folder download dan selanjutnya melakukan proses install dengan klik 2x.
Apabila tampilan sudah seperti dibawah ini maka Safe Exam Browser (SEB) sudah berhasil terinstall.
Pertanyaanmu tidak ditemukan, silahkan menghubungi helpdesk disini
Hubungi tim kami apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut